Sabtu, 04 Desember 2010

VALENTINO ROSI HARUS BERPACU DENGAN WAKTU

ROMA - Valentino Rossi harus memaksimalkan waktu istirahatnya usai berlangsungnya MotoGP musim 2010. Operasi bahu yang didapatnya di medio November membuatnya beristirahat cukup panjang untuk kembali ke kondisi fisik yang prima. Karena itu, dia pun berpacu dengan waktu untuk bisa berpartisipasi di uji coba berikutnya yang berlangsung di Sepang, Malaysia, Februari 2011.

Rossi telah menjalani operasi bahunya pada 14 November. Itu berarti ada 79 hari untuk menuju 1 Februari yang merupakan jadwal uji coba resmi di Sepang. Tim dokter yang menangani operasinya sempat mengatakan butuh waktu tiga bulan bagi Rossi untuk bisa kembali ke lintasan. Tapi, dengan masa rehabilitasi selama lebih dari dua pekan terakhir, Rossi mengaku optimis bisa pulih sebelum jadwal (Sepang).

Dalam kurun waktu tersebut, jahitan di area operasi juga sudah dilepas. Pembalap yang musim depan bergabung dengan Ducati itu pun sudah bisa memulai program latihannya, meski masih dalam tahap latihan ringan.

"Saya menjalani masa rehabilitasi pada bahu saya dan situasinya makin membaik. Sudah dua minggu setelah operasi dan dokter juga telah melepas jahitannya; kini saya bisa kembali berlatih di gym. Setidaknya dengan seluruh bagian tubuh saya," ujar Rossi seperti tertuang di website pribadinya.

Lebih lanjut Rossi mengungkapkan rehabilitasi yang didapatnya bersifat pasif. Hal itu dilakukan supaya badannya tak kehilangan mobilitas. "Dua pekan mendatang baru saya melakukan latihan aktif, di kolam renang dan gym, supaya siap untuk uji coba tiga hari di Februari. Kami harus bergerak secepat mungkin dan berharap berada di kondisi yang baik di uji coba pertama bersama Ducati di Sepang," terang Rossi.

Rossi menjalani operasi pada bahunya di Rumah Sakit Cervesi di Cattolica, Italia, Minggu (14/11. Dokter Alessandro Castagna yang menangani operasi Rossi, mengungkapkan bahwa Juara dunia kelas premier tujuh kali itu berpeluang besar mengikuti sesi uji coba secara penuh.

"Normalnya butuh waktu 90 hari dan dia hanya memiliki waktu 79 hari hingga uji coba pertama (di 2011). Saya yakin jika semua berjalan mulus dan tak ada komplikasi dia siap untuk itu," ungkap Dr Castagna seperti dilansir situs resmi MotoGP.

"Fase peradangan (setelah operasi) berlangsung selama tiga hingga lima hari. Tahap kedua biasanya sebulan, sebulan setengah atau dua bulan selama di kapiler membantu produksi sel dalam proses penyembuhan," ujarnya.

Rossi mengalami cedera yang ia dapat saat tengah berlatih menggunakan Motokros April lalu. Namun cedera yang dialami Rossi sendiri ternyata lebih parah dari dugaan dan harus menjalani operasi guna memulihkan cederanya. Cedera tersebut membuatnya kesulitan menjalani sisa musim balap dan membuatnya kehilangan gelar yang direbut Jorge Lorenzo. (ady)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar